Effendi Simbolon Harus Menjaga Perasaan Masyarakat Walau Memiliki Hak Imunitas

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 15 September 2022 | 16:45 WIB
Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Maman Imanulhaq (mengenakan peci). Foto: Galuh
Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Maman Imanulhaq (mengenakan peci). Foto: Galuh

SinPo.id - Sejumlah ormas yang melaporkan Effendi Simbolon ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), meminta agar Anggota Komisi I DPR tersebut harus menjaga perasaan masyarakat walau memiliki hak imunitas.

Menanggapi permintaan tersebut, anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Maman Imanulhaq, mengucapkan terima kasih karena pengaduan terhadap Effendi diserahkan sepenuhnya kepada MKD.

"Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang hadir di MKD karena mereka tidak datang kemana-mana lagi, kecuali ke MKD, sesuai dengan fungsi yang bertugas menjaga martabat dan keluhuran DPR RI," kata Maman kepada wartawan, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 15 September 2022.

Pihaknya juga mengatakan bahwa sejumlah ormas yang hadir hari ini, meminta agar Effendi dapat menjaga perasaan masyarakat dan juga TNI yang tersinggung dengan ucapannya tersebut.

"Jadi mereka semata-mata untuk menghormati, masa sih ada anggota DPR yang walaupun punya hak imunitas tapi tidak menjaga perasaan dari masyarakat? Apalagi teman-teman ini sangat dekat dan erat dengan tentara nasional Indonesia, nah saya rasa itu poin pentingnya," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Maman, para pengadu juga meminta agar Effendi Simbolon untuk meminta maaf kepada para ormas terkait dengan pernyataannya.

"Ormas-ormas pun merasa tersinggung, itu pun minta disampaikan ke beliau (Effendi Simbolon)," kata Maman menambahkan, mewakili rekan-rekan ormas yang hadir.

 sinpo

Komentar: