Effendi Simbolon Mengaku Tak Bermaksud Mendiskeditkan TNI

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 15 September 2022 | 21:12 WIB
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI-P, Effendi Simbolon. Foto: SinPo.id/Effendi Simbolon
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI-P, Effendi Simbolon. Foto: SinPo.id/Effendi Simbolon

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI-P, Effendi Simbolon, mengaku sama sekali tidak bermaksud mendiskreditkan atau pun membuat stigma terhadap TNI dengan mengucapkan kata "gerombolan".

"Ada kata gerombolan, ada kata ormas, iya, tapi tidak dalam kaitan men-judge, ataumenstigmakan TNI dengan kata 'gerombolan'," kata Effendi kepada wartawan usai sidang putusan MKD, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 15 September 2022.

Menurutnya, makna pernyataan tersebut mengarah pada disharmonisasi yang dipertanyakan Komisi I, apabila tidak ada kepatuhan, karena itu merupakan kehormatan bagi prajurit TNI.

Selain itu, pihaknya juga menyangkan adanya proses-proses lanjutan yang mengintimidasi, terlebih adanya ancaman nyawa yang ditujukan untuk dirinya dan juga keluarga.

"Saya sayangkan adanya proses-proses lanjutan yang mengintimidasi, saya kira nggak jamannya lagi lah, hanya seorang Effendi Simbolon kemudian dikepung dengan begitu hebatnya," tuturnya.

Meski demikian, Effendi tidak menjelaskan secara rinci ancaman seperti apa yang didapat, dan dari pihak mana saja dirinya mendapat ancaman dan intimidasi.

"Semua, ada nih di handphone saya (bukti ancaman). Ada, nanti pada waktunya," ungkapnya.
 

 sinpo

Komentar: