Wakili Negara, Moeldoko Ucapkan Turut Berduka Atas Wafatnya Azyumardi Azra

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 20 September 2022 | 09:51 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (SinPo.id/Anam)
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mewakili negara menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra.

"Saya mewakili negara, saya selaku kepala staff Kepresidenan RI. Dengan ini negara menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya, atas wafatnya saudara kita almarhum Azyumardi Azra," kata Moeldoko di kampus UIN Jakarta, Selasa 20 September 2022.

Moeldoko menyebut, kehadirannya mewakili negara untuk memberi penghormatan terakhir kepada mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Mantan Panglima TNI itu juga ikut mensolatkan jenazah Azyumardi Azra di Auditorium Harun Nasution kompleks UIN Jakarta beserta sejumlah tokoh lainnya.

"Dan apabila beliau ada kesalahan, mari kita maafkan. Kita doakan agar beliau almarhum masuk surga," ungkapnya.

"Sekali lagi atas nama negara, kami mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya," tandasnya.

Imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar didapuk untuk menjadi imam sholat jenazah. Selain itu, sejumlah tokoh nasional juga hadir ikut menyolatkan jenazah Azyumardi Azra seperti Menkopolhukam, Mahfud MD dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jenazah Azyumardi Azra diberangkatkan dari Kampus UIN Jakarta pada 07.30 WIB menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta untuk dimakamkan yang dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya, jenazah Azyumardi Azra tiba pada pukul 23.58 WIB di rumah duka di Ciputat Tangerang Selatan, setelah perjalanan dari bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Seperti diketahui, Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat 16 September 2022 akibat gangguan kesehatan yang dialami saat melakukan kunjungan ke Malaysia.sinpo

Komentar: