Jokowi Belum Terima Rekomendasi Pj Gubernur Pengganti Anies

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 20 September 2022 | 14:16 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum menerima  rekomendasi nama-nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan, baik yang diusulkan DPRD DKI maupun dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Sebagaimana diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan akan ada enam nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta yang akan diajukan kepada Presiden Jokowi. Tiga di antaranya usulan atau dipilih oleh DPRD DKI Jakarta. 

"Belum sampai ke saya, mungkin baru sampai ke Mendagri," kata Jokowi, seperti dikutip dari keterangan pers pada akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 20 September 2022. 

Jokowi menuturkan, banyak kriteria yang mesti dipertimbangkan dalam menentukan Pj Gubernur DKI pengganti Anies. Kendati demikian, Ia masih enggan membeberkan secara detail pertimbangan-pertimbangan yang akan diambil nantinya. 

"Saya kira kriteria banyak sekali, nanti saja," tuturnya Jokowi. 

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi menyerahkan berkas tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan ke Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) pada Rabu 14 September 2022. 

Pras sapaan akrab Prasetyo mengatakan, berkas ketiga nama yang telah ditandatangani oleh sembilan pimpinan Fraksi di DPRD DKI Jakarta tersebut diserahkan kepada kemendagri untuk kemudian ditindaklanjuti. 

"Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas, tiga nama itu hari ini sudah diterima, ini tanda terimanya. Saya jelaskan, saya serahkan untuk ditindaklanjut," kata Pras, di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu 14 September 2022.

Seperti diketahui, masa jabatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria akan berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang. sinpo

Komentar: