DKI Siaga Hadapi Dampak Musim Hujan

Oleh: Ardi
Rabu, 21 September 2022 | 07:48 WIB
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan

SinPo.id -  BPBD DKI Jakarta siap siaga menghadapi musim hujan tahun 2022/2023. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menyiapkan berbagai antisipasi menghadapi dampak bencana yang bisa ditimbulkan dari musim hujan.

“Kami melakukan pendataan kepada seluruh elemen pentahelix (pemerintah, dunia usaha, lembaga atau komunitas, akademisi, dan media massa) untuk dapat mengetahui peralatan pendukung yang dimiliki oleh setiap unsur dalam penanggulangan bencana, khususnya banjir dan kebakaran,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, melansir situs resmi PPID DKI Jakarta, Selasa 20 September 2022.

BPBD DKI juga tengah melakukan pendataan terhadap potensi sumber daya penanggulangan bencana yang terdapat di Jakarta melalui situs bpbd.jakarta.go.id/tangguhbencana. Hal-hal yang didata seperti mulai dari jumlah perahu, tenda pengungsi, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hydrant, ambulans, hingga tenaga medis yang dimiliki.
BPBD DKI Jakarta mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam pendataan sumber daya penanggulangan bencana ini. Pihaknya pun berharap ke depan BPBD dapat memetakan dan mengorganisir seluruh potensi sumber daya yang mendukung penanggulangan bencana di Jakarta. Sehingga mampu merespon peristiwa bencana dengan efektif dan efisien.

Untuk diketahui, BMKG memprakirakan wilayah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur memasuki awal musim hujan pada dasarian kedua bulan Oktober 2022.sinpo

Komentar: