Aksi Bela Mahsa Amini di Iran Memanas, 41 Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 25 September 2022 | 15:05 WIB
Aksi bela Mahsa Amini di Iran/Reuters
Aksi bela Mahsa Amini di Iran/Reuters

SinPo.id -  Sedikitnya 41 orang tewas di tengah aksi unjuk rasa bela Mahsa Amini yang semakin memanas di 31 provinsi di Iran selama sepekan, dan jumlah tersebut dilaporkan akan bertambah.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, mengatakan agar masyarakat dapat membedakan antara protes dengan mengganggu ketertiban umum dan keamanan.

"Iran harus menangani dengan tegas mereka yang menentang keamanan dan ketenangan negara," kata media pemerintah Iran, dilansir dari Reuters, Minggu 25 September 2022.

Menanggapi hal itu, kelompok hak asasi Amnesty International mengatakan, para pengunjuk rasa menghadapi respons mematikan dari pasukan keamanan.

"Meningkatnya jumlah korban tewas merupakan indikasi mengkhawatirkan betapa kejamnya serangan pihak berwenang terhadap masyarakat di balik penutupan internet," kata pihak Amnesty.

Sementara di Irak, puluhan orang Kurdi Irak dan Iran berunjuk rasa di luar kompleks PBB di utara kota Erbil sambil membawa plakat dengan foto Amini, pada hari Sabtu, 24 September 2022.

Namun Pengawal Revolusi Iran telah menembakkan artileri ke pangkalan-pangkalan kelompok oposisi Kurdi di wilayah Kurdi di Irak utara, karena pemerintah Iran menganggapnya sebagai pembangkang.sinpo

Komentar: