AS Berikan Peringatan Konsekuensi Bencana Besar Jika Rusia Nekat Gunakan Senjata Nuklir

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 26 September 2022 | 09:54 WIB
Gedung Apartemen yang hancur akibat konflik di Mariupol, Ukraina. Foto: Reuters.
Gedung Apartemen yang hancur akibat konflik di Mariupol, Ukraina. Foto: Reuters.

SinPo.id - Amerika Serikat (AS), memperingatkan adanya konsekuensi bencana besar apabila Rusia berani menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan bahwa AS akan memberikan repons untuk setiap penggunaan senjata nuklir Rusia terhadap Ukraina.

"Jika Rusia melewati batas ini, akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia. Amerika Serikat akan merespons dengan tegas," kata Sullivan, dalam program televisi NBC, dikutip Senin 26 September 2022.

Peringatan tersebut merupakan tanggapan dari ancaman nuklir terselubung yang dibuat Presiden Vladimir Putin, yang mengatakan bahwa Rusia akan menggunakan senjata apa pun untuk mempertahankan wilayahnya.

Namun, Ukraina dan sekutunya telah menolak referendum sebagai tipuan yang dirancang untuk membenarkan eskalasi perang dan dorongan mobilisasi oleh Rusia setelah kekalahan mereka.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris, Liz Truss, mengatakan Inggris dan sekutunya tidak harus mengindahkan ancaman dari Putin yang dianggap palsu.

"Kita seharusnya tidak mendengarkan gemuruh pedang dan ancaman palsunya. Sebaliknya, yang perlu kita lakukan adalah terus memberikan sanksi kepada Rusia dan terus mendukung Ukraina," kata Truss.

Selain itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, dalam video pidatonya juga tetap bersikeras dan terus berupaya agar Ukraina bisa mendapatkan kembali semua wilayahnya.

"Ini adalah wilayah Donetsk, ini adalah wilayah Kharkiv kami. Ini adalah wilayah Kherson, dan juga wilayah Mykolaiv dan Zaporizhzhia," kata Zelenskiy.

 sinpo

Komentar: