Anies Minta ASN di Jakarta Tingkatkan Kualitas Layanan ke Masyarakat

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 26 September 2022 | 16:13 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/PPID)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/PPID)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memperoleh penghargaan dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional).

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku berterimakasih dan ingin memastikan terus berbenah dalam meningkatkan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Penghargaan ini adalah cermin dari setiap upaya yang telah dilakukan Pemda dalam mewujudkan pelayanan dan peningkatan kualitas terhadap SDM-nya, sehingga mampu memberikan performa terbaik untuk melayani masyarakat," ujar Anies dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Senin 26 September 2022.

Oleh karena itu, Anies berharap peningkatan pelayanan kepegawaian semakin baik di wilayahnya masing-masing. Hal ini, menurutnya, karena ASN turut menentukan baik buruknya pemberian pelayanan dan akselerasi kesejahteraan bagi masyarakat.

Selain itu, sambung Anies, juga ditentukan oleh tata kelola kepegawaian karena dengan pengelolaan yang baik.

"Peranan manajemen SDM akan sangat menentukan keberhasilan dan kegagalan organisasi dalam mencapai tujuan organisasi. Kini ASN dipandang sebagai faktor strategis yang sangat menentukan dalam merealisasikan pelayanan prima," tutur Anies.

Lebih jauh, Anies mengimbau pengelola kepegawaian di Jakarta mempunyai kewajiban untuk memahami perubahan yang semakin kompleks dalam tuntutan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal ini juga untuk mengantisipasi perkembangan teknologi,  sehingga pengelola kepegawaian juga dapat memberikan kebutuhan yang tepat bagi ASN.

"Selain tentang pengelolaan kepegawaian, dalam Undang-Undang No. 5/2014 tentang ASN juga mengamanatkan ASN untuk netral dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepentingan siapapun, karena ASN adalah tenaga profesional yang menjadi motor pemerintahan," ucap Anies.

"Bahkan, netralitas ASN akan menjaga pelayanan publik tetap profesional dalam bekerja dan menjalankan program pemerintah untuk masyarakat agar terselenggara dengan sebaik-baiknya. Akhir kata, kami pun mengajak kepada semua Pemerintah Daerah dan BKN untuk terus berkolaborasi dan melakukan transfer knowlegde untuk menjadikan ASN kita semakin baik," imbuhnya. sinpo

Komentar: