Tingkatkan Kepedulian Generasi Muda, Menkeu Apresiasi Penyelenggaran Olimpiade APBN

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 26 September 2022 | 16:34 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/Tangkapan layar YouTube)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/Tangkapan layar YouTube)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengapresiasi adanya penyelenggaran Olimpiade APBN 2022, yang diharapkan mampu meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap APBN.

Menurutnya, olimpiade yang telah mendapatkan perhatian dari dunia internasional ersebut merupakan upaya untuk mengedukasi, mensosialisasi, dan mengenalkan APBN kepada masyarakat.

"Kenapa ini penting? Karena ini adalah bagian dari cara kita menunjukkan kepedulian terhadap negara kita sendiri,” kata Menkeu dalam Pembukaan Olimpiade APBN 2022 secara daring, Minggu, 25 September 2022.

Selain itu, UNICEF Indonesia juga telah melihat bahwa Olimpiade ini memberikan dampak yang positif, sehingga mereka turut serta berpartisipasi dalam pelaksanaan Olimpiade APBN Tahun 2022 ini.

“Ini adalah sesuatu hal yang sangat bagus karena yang tadinya merupakan inisiatif dari Kementerian Keuangan, kita kelola dan kita juga terus melakukan sosialisasi edukasi secara sangat meluas," paparnya.

Lebih lanjut, kata Menkeu, partisipasi dan minat anak muda untuk mengikuti olimpiade ini juga meningkat, karena sebelumnya di tahun 2019 kegiatan tersebut hanya diikuti oleh 1.400 Tim.

Namun kegiatan Olimpiade APBN kali ini diikuti oleh 3.987 Tim yang terverifikasi dari total pendaftar sebanyak 4.177 Tim, diantaranya terdapat lima tim yang berada di luar negeri.

“Jadi kenaikan yang luar biasa, minat dari generasi terutama anak-anak SMA untuk ikut Olimpiade APBN,” ungkapnya.

Tak hanya sebagai wadah untuk mengedukasi, pihaknya juga berharap dengan olimpiade ini, generasi muda dapat menjadi harapan untuk meneruskan cita-cita menuju Indonesia ke depan, generasi peduli negeri.sinpo

Komentar: