Bawaslu Minta Seluruh Pihak Ciptakan Kondisi Damai Jelang Pemilu 2024

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 29 September 2022 | 23:19 WIB
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (SinPo.id/Tri Setyo)
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (SinPo.id/Tri Setyo)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI mengajak semua pihak untuk ikut menciptakan kondisi yang sejuk dan damai dalam tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

"Untuk setiap orang termasuk pengurus, anggota partai politik, dan pejabat negara agar menciptakan kondisi yang sejuk dan damai dalam tahapan penyelenggaraan pemilu," kata di komplek parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 29 September 2022.
 
Bagja mengimbau agar seluruh pihak tidak menggunakan politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), baik dalam kegiatan aktivitas kampanye "Tidak melakukan aktivitas politik praktis di tempat keagamaan dan pendidikan," katanya.
 
Bawaslu juga mengimbau pejabat negara dapat tidak melakukan berbagai tindakan yang menyalahgunakan wewenang. Seperti menggunakan fasilitas jabatannya guna kepentingan kelompok politik tertentu.
 
"Edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemilu yang bersih dari isu politik identitas, politisasi SARA, berita bohong atau hoaks, dan ujaran kebencian," kata Bagja.sinpo

Komentar: