Dewan Pers SinPo

Dishub DKI Beberkan Penyebab Kemacetan di Jakarta

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 30 September 2022 | 10:41 WIB
Kondisi macet di Jakarta/iStock
Kondisi macet di Jakarta/iStock

SinPo.id -  Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo membeberkan penyebab terjadinya kepadatan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan pada hari kerja di Ibu Kota. 

Syafrin memperkirakan sekitar 12 juta sepeda motor yang masuk ke Jakarta pada hari kerjatelah mendominasi lalu lintas Ibu Kota. 

"Untuk Jakarta itu sepeda motor sekitar 12 juta. Tentu ini menjadi tantangan sendiri, karena pada saat di jalan sering kali kepadatan sepeda motor bisa mengoperasi seluruh ruangan lalu lintas lain," kata Syafrin Liputo kepada wartawan, Kamis 29 September 2022. 

Untuk itu, Syafrin mengimbau masyarakat memprioritaskan penggunaan kendaraan umum yang telah difasilitasi oleh pemerintah. 

"Mereka bisa lebih efisien dan tentu lebih sehat karena tentu ketika mereka ada di jalan dengan terbuka mereka bisa menghirup polutan," ujarnya. 

Lebih lanjut, Syafrin menyampaikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dalam penyediaan layanan angkutan umum, untuk mendorong masyarakat kembali menggunakan transportasi publik. 

"Kita harapkan ini bisa kembali, masyarakat Jabodetabek yang tadinya menggunakan angkutan umum karena covid kembali ke motor, balik lagi ke angkutan umum yang mulai diopersionalkan," ucapnya. 
 sinpo

Komentar: