129 Orang Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan, Ibas: Konyol!

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 02 Oktober 2022 | 18:05 WIB
Politisi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono/Istimewa
Politisi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono/Istimewa

SinPo.id -  Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya.

Diketahui dalam peristiwa yang terjadi pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022 itu, 129 orang dilaporkan meninggal akibat berdesakan di pintu keluar stadion Kanjuruhan, imbas kerusuhan di tengah lapangan.

“Pertandingan sepak bola yang seharusnya selain ajang berkompetisi olahraga para atlet kebanggaan juga menjadi hiburan masyarakat, mengapa justru memakan ratusan korban seperti ini, Konyol!” ungkap Ibas dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 2 Oktober 2022.

Anggota DPR RI Dapil Jatim VII ini juga menyesalkan perbuatan suporter yang menurutnya dapat mempengaruhi kemajuan sepak bola Tanah Air. 

“Karena peristiwa ini, Liga 1 2022/2023 harus ditunda selama sepekan atau bahkan justru ditunda beberapa saat. Nah, selain memakan korban, kericuhan juga mengakibatkan sulitnya olahraga sepak bola Tanah Air maju dan berkembang,” tutur Ibas.

Oleh karena itu, Ibas kemudian mengajak seluruh pecinta sepak bola Tanah Air untuk sama-sama menciptakan iklim yang sehat dan jangan sampai hal buruk seperti tersebut terulang.

"Apalagi kita ketahui sejak dahulu pendukung sepakbola seperti Aremania, Bobotoh, Jakmania serta Arek Suroboyo itu terkenal fanatik, dinamis, dan cukup keras," kata Ibas

“Seluruh pecinta sepak bola, mari kita dukung klub-klub kesayangan kita dan timnas Indonesia dengan baik. Berhentilah memberikan dukungan dengan fanatisme berlebihan dan juga dengan kekerasan. Jangan sampai sepak bola memakan korban lagi. Memalukan untuk negeri kita. Sepak bola harus maju dengan suporternya yang berperilaku tepat dalam mendukung,” sambung dia.sinpo

Komentar: