Dewan Pers SinPo

Krisis Perubahan Iklim Jadi Ancaman Global yang Serius Setelah Pandemi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 04 Oktober 2022 | 10:41 WIB
Menkeu Sri Mulyani/SinPo.id
Menkeu Sri Mulyani/SinPo.id

SinPo.id -  Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menyatakan bahwa krisis perubahan iklim menjadi ancaman global berikutnya yang sangat serius setelah pandemi.

“Bagaimana kalau negara dan dunia dihadapkan pada shock yang besar seperti pandemi, at least you have the initial taste of the global shock, maka climate change is gonna be another shock,” kata Sri Mulyani, Selasa 4 Oktober 2022.

Menurutnya, climate change menjadi tantangan selanjutnya yang perlu mendapatkan perhatian, karena ekonomi negara harus tetap tumbuh, khususnya bagi negara-negara emerging.

Oleh karena itu, kata Sri Mulyani, pemerintah saat ini tengah mencoba untuk menjadikan Indonesia sebagai high income country, melalui kebijakan yang disebut green economy atau menghijaukan.

“There is what you calling Green economy. Basically adalah you can do your activity, economic activity, social activity, tapi with less carbon emission,” ungkapnya.

Menkeu juga mengatakan bahwa berbagai langkah ekonomi yang sesuai dengan teman green economy harus dipikirkan untuk tetap menjaga momentum pertumbuhan ekonomi ke depan, namun dengan emisi CO2 yang rendah.sinpo

Komentar: