Kunjungi JRC, Anies Harap Masyarakat Sadar Akan Manfaat Sampah

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 05 Oktober 2022 | 13:15 WIB
Anies Baswedan saat mengungjungi JRC/PPID DKI
Anies Baswedan saat mengungjungi JRC/PPID DKI

SinPo.id -  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkunjung ke Jakarta Recycling Center (JRC) sebagai Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampah di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Rabu 5 Oktober 2022. 

Anies berharap dengan adanya JRC ini mampu melahirkan sebuah paradigma baru ketika sisa sampah bisa digunakan menjadi sesuatu hal yang bermanfaat.

"Ketika mendengar kata sampah, maka asumsinya adalah tanpa guna. Sekarang kita mengedepankan sebuah model pengolahan sampah terpadu untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA, dan disini paradigma diubah," ujar Anies di JRC Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu 5 Oktober 2022. 

Anies menyampaikan, pada tahun 2018 jumlah tonase sampah yang dibuang ke TPA sekitar 7.700 ton per hari. Atau sekitar 405 Bus gandeng Transjakarta. Namun, dengan adanya reduksi lambat laun jumlah sampah semakin berkurang. 

"Alhamdulillah sudah berhasil mereduksi sampah sampai sebanyak 60 hingga 70 persen. keberhasilan ini, diperluas ke seluruh Jakarta dengan pergub no 77 tahun 2020, tentang pengelolaan sampah lingkup rukun warga," ujarnya. 

Menurut Anies, keberhasilan tersebut tidak hanya berasal dari Pemprov maupun kolaborator. Namun, turut dibantu oleh masyarakat sekitar khususnya Ibu-ibu PKK dan Jasa Wisma. 

"Karena ada peran masyarakat partisipasi dalam memulai dari pemilahan sampah, kemudian ada perubahan mekanisme pengangkutan sampah yang sudah terpilah dan terjadwal. Lalu, ada proses daur ulang sampah," ujar Anies. 

sinpo

Komentar: