Hadapi Gejolak Ekonomi Global, P20 Diharapkan dapat Bangun Komitmen Kerja Bersama

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:32 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, berharap bahwa pertemuan P20 yang dimulai hari ini, dapat membangun komitmen kerja bersama dalam merespon gejolak dan tantangan global.

Pasalnya, permasalahan global yang harus dihadapi saat ini sangatlah kompleks, dan membutuhkan kerja bersama semua pihak, tidak hanya pemerintah, tetapi juga parlemen, swasta, akademisi, maupun masyarakat sipil.

"Gejolak ekonomi global saat ini, dan ketidak pastian yang berlanjut pada tahun depan, membutuhkan respon dari kita semua," kata Puan dalam pidato pembukaan P20, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan bahwa saat ini dunia sedang melakukan berbagai upaya pemulihan sosial dan ekonomi dari dampak pandemi, yang membutuhkan kebijakan fiskal dan moneter.

"Hal tersebut untuk mengantisipasi agar pemulihan sosial dan ekonomi dapat terus berlanjut dan menjaga agar kualitas kesejahteraan rakyat tidak menurun," paparnya.

Selain itu, dalam pertemuan P20 terdapat sejumlah agenda global untuk menuntaskan pembangunan berkelanjutan, yang berkaitan dengan climate change, lingkungan hidup, ekonomi hijau, ketahanan pangan, energi, serta kesetaraan gender.

Karena menurut Puan, kekuatan parlemen dalam P20 adalah mewakili suara rakyat untuk memberikan legitimasi terkait upaya pemerintah dalam menjalankan komitmen kebijakan luar negeri dan kerja sama antar negara.

"Legitimasi parlemen tersebut akan diarahkan untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat global yang lebih baik dengan hidup sejahtera, tentram, dan memiliki bumi yang berkelanjutan," imbuhnya.sinpo

Komentar: