Dewan Pers SinPo

Melalui Multilateralisme, Indonesia Ajak Parlemen P20 Tuntaskan Permasalahan Global

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 05 Oktober 2022 | 18:56 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat pembukaan P20/ SinPo.id/ Ashar SR
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat pembukaan P20/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Melalui Multilateralisme, Indonesia mengajak parlemen P20 untuk mencari solusi dan konsensus dalam mengantisipasi resesi ekonomi, mengatasi scary effect gejolak ekonomi global dan mempercepat transformasi ekonomi.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat, serta memperkuat orkestrasi G20 dalam menggerakkan agenda pembangunan berkelanjutan.

"Orkestrasi dari kekuatan negara-negara G20 adalah untuk mempercepat transformasi ekonomi, baik ekonomi digital, maupun ekonomi hijau," kata Puan dalam pidato pembukaan P20, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022.

Pembahasan multilateralisme ini, kata Puan, adalah untuk menjawab sejumlah permasalahan dengan tujuan mendamaikan perang dagang, mendamaikan konflik geopolitik, mengatasi krisis pangan dan energi, melawan eksploitasi, serta membangun kemajuan bersama.

Selain itu, diperlukan juga penguatan implementasi agar ekonomi digital dan ekonomi hijau menjadi ekosistem ekonomi yang inklusif, dan Indonesia telah memperkuat berbagai regulasi untuk mendorong keduanya.

"Hal ini dilakukan melalui implementasi mengembangkan kemudahan berusaha, bank digital, pajak karbon, dan energi baru terbarukan," terangnya.

 sinpo

Komentar: