Dewan Pers SinPo

Jokowi Dijadwalkan akan Membuka Secara Resmi P20 Siang Ini

Laporan: Sinpo
Kamis, 06 Oktober 2022 | 09:15 WIB
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres

SinPo.id - Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka Pertemuan Parliamentary Forum in the Context of the G20 Parliamentary Speakers Summit (P20). Jokowi rencananya akan meresmikan pembukaan P20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 6 Oktober 2022 siang.

"Presiden Jokowi akan membuka secara resmi acara P20 tersebut pada pukul 13.00 WIB," kata Ketua DPR Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya.

Puan berharap P20 akan memberikan dampak besar bagi dunia. Adapun kegiatan P20 ini akan berlangsung mulai tanggal 5 hingga 7 Oktober 2022.

"Saya harapkan nantinya akan membuat parlemen dunia bisa ikut berpartisipasi dalam hal-hal yang sekarang ini menjadi satu isu yang sangat global. Tentu saja yang pertama ketahanan pangan, juga kemudian energi terbarukan dan lain sebagainya," katanya.

Diberitakan sebelumnya, melalui Multilateralisme, Indonesia mengajak parlemen P20 untuk mencari solusi dan konsensus dalam mengantisipasi resesi ekonomi, mengatasi scary effect gejolak ekonomi global dan mempercepat transformasi ekonomi.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat, serta memperkuat orkestrasi G20 dalam menggerakkan agenda pembangunan berkelanjutan.

"Orkestrasi dari kekuatan negara-negara G20 adalah untuk mempercepat transformasi ekonomi, baik ekonomi digital, maupun ekonomi hijau," kata Puan dalam pidato pembukaan P20, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022.sinpo

Komentar: