Petaka Kanjuruhan, Mahfud Ajak Semua Pihak Berbenah

Laporan: Sinpo
Kamis, 06 Oktober 2022 | 12:55 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD saat mendampingi Jokowi meninjau Stadion Kanjuruhan/  Instagram Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD saat mendampingi Jokowi meninjau Stadion Kanjuruhan/ Instagram Mahfud MD

SinPo.id - Menkopolhukam Mahfud MD ikut mendampingi Presiden Jokowi meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu 5 Oktober 2022. Dalam Instagram resminya, Mahfud berharap petaka Kanjuruhan tak terjadi lagi di masa yang akan datang. 

"Semoga tragedi serupa tidak terulang kembali. Mari berbenah bersama," ucap Mahfud.

Tidak hanya meninjau Kanjuruhan, kata Mahfud, kedatangan Presiden ke Malang juga sekaligus menjenguk para korban selamat yang menjalani perawatan di rumah sakit.

"Saya mendampingi Presiden menjenguk korban tragedi Stadion Kanjuruhan di RSUD Saiful Anwar Malang, sekaligus menyerahkan bantuan," kata dia.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Iriana Joko Widodo meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu 5 Oktober 2022. Usai melakukan peninjauan, Jokowi menegaskan perlu evaluasi menyeluruh soal tata kelola persepakbolaan di Indonesia.

"Saya kira kita memang perlu evaluasi total semuanya, baik manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan. Semuanya harus dievaluasi total agar peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ini tidak terjadi lagi, jelas semuanya,” tegas Jokowi seperti dilansir BPMI Setpres.

Saat meninjau Stadion Kanjuruhan, Jokowi mendapat sejumlah gambaran mengapa insiden yang menyebabkan ratusan nyawa melayang itu bisa terjadi. Kata dia ada banyak faktor sehingga petaka yang terjadi pada 1 Oktober 2022 itu terjadi.

"Saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada, tapi itu saya hanya melihat lapangannya,” jelasnya.sinpo

Komentar: