Kerap Jadi Tempat Mesum, Satpol PP DKI Dirikan Posko Keamanan di RTH Tubagus Angke

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 05 Mei 2024 | 21:39 WIB
petugas gabungan melakukan bersih-bersih pada RTH Jalan Tubagus Angke. (SinPo.id/dok/IG kotajakartabarat)
petugas gabungan melakukan bersih-bersih pada RTH Jalan Tubagus Angke. (SinPo.id/dok/IG kotajakartabarat)

SinPo.id - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin mengatakan, pihaknya telah mendirikan tiga posko keamanan di sekitar Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat, untuk mencegah praktik prostitusi.

"Kami sudah tambah tenda atau posko keamanan. Kami juga berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menata lokasi, seperti dari Kecamatan Grogol Petamburan, Kelurahan Wijaya Kusuma, dan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat," kata Arifin di Jakarta, Minggu, 5 Mei 2024.

Arifin menjelaskan, pendirian Posko itu sebagai sebagai tindak lanjut dari temuan alat kontrasepsi (kondom) di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tugabus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan pasca-Lebaran 2024.

Pengawasan RTH di posko tersebut melibatkan 35 personel gabungan, mulai dari TNI, Polri, Penanganan Prasarana dan Saranan Umum (PPSU) Kelurahan Wijaya Kusuma, dan anggota Satpol PP. Petugas gabungan secara rutin berjaga di setiap posko untuk melakukan pengawasan.

Selain itu, Arifin mengatakan, RTH itu juga sudah dilakukan pemangkasan pohon dan semak-semak untuk membuat lokasi tersebut menjadi lebih terang.

Arifin berharap, warga dapat memanfaatkan RTH sesuai dengan fungsinya sebagai penghijauan dan paru-paru kota serta jangan coba-coba melanggar hukum dengan melakukan perbuatan asusila.

"Di sana, sekarang ini juga sudah ditambah lampu sorot sehingga lebih terang. Mari kita jaga bersama fasilitas umum yang sudah tersedia ini dan jangan lantas merusak," kata Arifin.

Saat ini, petugas dari Pemkot Jakarta Barat sudah membersihkan kawasan tersebut dari sampah yang kebanyakan berupa tisu bekas pakai, bungkus rokok, gelas plastik, dan alat kontrasepsi.sinpo

Komentar: