Tak Ada Joint Statement, Ditutupnya P20 Hasilkan Chair's Summary

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 07 Oktober 2022 | 17:35 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Hasil dari penyelenggaraan The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) menghasilkan outcome document berupa Chair's Summary, meski tidak ada joint statement.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan bahwa negara-negara P20 sudah sepakat untuk tidak ada joint statement, namun semua pendapat dan masukan serta komitmen-komitmen dalam P20 sudah dicatat.

"Parlemen DPR RI sudah berhasil membuat satu komitmen walaupun kesepakatannya itu tidak bisa menjadi join statement," kata Puan dalam konferensi pers penutupan P20, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 7 Oktober 2022.

Chair's Summary tersebut disepakati setelah pimpinan parlemen G20 mengikuti empat sesi diskusi terkait isu-isu prioritas, yang nantinya akan disampaikan kepada para pemimpin negara-negara G20.

"Kesepakatan ini menghasilkan rumusan kebijakan global yang bermanfaat dan dapat terimplementasikan secara konkret dan nyata demi kemakmuran rakyat bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, perhelatan P20 yang mengusung tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’ yang dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 5 Oktober lalu, telah ditutup secara resmi siang tadi, dan diharapkan dapat melahirkan harapan baru bagi masyarakat.

“Seluruh rangkaian acara telah berjalan dengan lancar selama dua hari ini. Kami berdiskusi mewakili suara rakyat global, serta menegaskan komitmen kami untuk dunia yang lebih baik,” imbuhnya.

 sinpo

Komentar: