Sail Tidore 2022, Dorong Kejayaan Jalur Rempah Nusantara

Laporan: Sinpo
Rabu, 12 Oktober 2022 | 00:50 WIB
Sail Tidore 2022 (istimewa)
Sail Tidore 2022 (istimewa)

SinPo.id -  Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan meluncurkan Sail Tidore 2022. Sail Tidore 2022 menjadi momentum bangsa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan, khususnya di Maluku Utara.

"Tentu saya berharap Sail Tidore 2022 mampu mendorong kembali kejayaan Indonesia sebagai jalur rempah nusantara yang sudah terkenal sejak 500 tahun yang lalu. Bahwa Indonesia mampu mendatangkan kembali para buyer luar negeri sehingga meningkatkan perdagangan, mendongkrak pariwisata serta memperkenalkan kearifan lokal Maluku Utara kepada masyarakat dunia," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam keterangannya, pada Selasa 11 Oktober 2022. 

Pernyataan itu disampaikan dalam 
peluncuran Sail Tidore 2022 yang digelar di Kementerian Perdagangan, Jakarta pada Selasa 11 Oktober 2022. Acara dengan tema "Tidore: Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa" ini akan dilaksanakan pada 24-29 November 2022. Kegiatan ini merupakan acara ke-12, sebuah kegiatan pelayaraan internasional di perairan Indonesia, yang mendatangkan pelayar-pelayar internasional sejak tahun 2009.

Kota Tidore adalah daerah istimewa. Tidore dan pulau-pulau lainnya di Maluku merupakan pusat emporium rempah-rempah yang ditemukan Tim Ekspedisi Magellan pada abad ke-16 dan terus berkembang menjadi jalur rempah dunia. Kota Tidore saat ini menjadi anggota organisasi Jaringan Global Kota Magellan (Global Network of Magellan Cities).

"Sail Tidore 2022, merupakan kerja bersama untuk kemajuan Indonesia, tidak hanya oleh kami pemerintah pusat dan daerah, tetapi juga dukungan semua pemangku kepentingan," ungkap ketum PAN ini.

"Sebagai bangsa yang kaya akan sumber daya dan terkenal keindahan pariwisatanya, wajib hukumnya kita mendominasi perdagangan serta pariwisata dunia. Tentu penyelenggaraan ini juga didukung oleh Pak Menteri PUPR dalam memastikan infrastruktur dan pengamanan acara serta VVIP dari Panglima TNI," tutup Zulhas.

Turut hadir pada acara ini Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, serta Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, dan Menteri Koordinator Bidang Maritim, dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan secara virtual.sinpo

Komentar: