Tanggapi Survei IPS, Pengamat: Pak Bowo-Erick Thohir Paslon Sempurna

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 20 Oktober 2022 | 15:37 WIB
Prabowo-Erick Thohir/Istimewa
Prabowo-Erick Thohir/Istimewa

SinPo.id -  Indonesia Polling Station (IPS) merilis survei terkait simulasi pasangan calon Pilpres 2024.

Dalam survei itu, pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir mengalahkan semua pasangan calon (paslon) dalam setiap simulasi.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menanggapi hasil survei itu dengan menyebut bahwa Prabowo-Erick Thohir merupakan paslon yang sempurna.

"Temuan survei IPS menunjukan kedua figur tersebut dilihat sebagian besar publik sebagai pasangan calon saling melengkapi satu sama lain," kata Bawono kepada SinPo.id, Kamis, 20 Oktober 2022.

Tak bisa dipungkiri, baik Prabowo dan Erick Thohir merupakan menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf yang paling menonjol.

"Kedua figur ini merupakan dua menteri menonjol dari jajaran menteri kabinet saat ini. Bila kelak berpasangan calon sebagai presiden dan wakil presiden kedua figur ini dapat berbagi peran," kata Bawono.

Bawono menjelaskan kepiawaian Prabowo dalam memimpin dan pengalamannya di bidang militer semakin komplit, jika dipadukan keahlian Erick Thohir dalam membina pemerintahan.

"Prabowo Subianto lebih kepada kepemimpinan nasional secara umum terutama relasi dengan pemimpin-pemimpin negara lain. Sementara itu Erick Thohir lebih mengurusi manajemen pemerintahan dan juga memastikan implementasi kebijakan-kebijakan di lapangan," kata Bawono.

Sebagai informasi, survei IPS tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 17 Oktober di 34 Provinsi di Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 1.200. Kriteria responden yakni seluruh warga Indonesia yang telah memiliki KTP atau berusia 17 tahun.

Pemilihan responden diklaim dilakukan secara acak atau multistage random sampling dengan metode penelitian dilakukan dengan wawancara secara tatap muka. Margin of error survei +/- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut ini merupakan hasil simulasi surveu IPS:

Simulasi 1

Prabowo-Erick: 32,6 persen
Anies-AHY: 26,1 persen
Ganjar-Airlangga: 15,7 persen
TT/TJ: 25,7 persen

Simulasi 2

Prabowo-Erick: 37,5 persen
Anies-AHY 28,1 persen
Ganjar-Puan: 10,7 persen
TT/TJ: 23,7 persen

Simulasi 3

Prabowo-Erick: 32,6 persen
Anies-AHY: 26,2 persen
Ganjar-Airlangga: 16,5 persen
Puan-Moeldoko: 5,9 persen
TT/TJ: 18,8 persensinpo

Komentar: