Suarakan Kesetaraan Gender, Puan Dorong Peningkatan Keterlibatan Perempuan dalam Politik

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 Oktober 2022 | 09:08 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/SinPo.id)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/SinPo.id)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyuarakan pentingnya meningkatkan keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan keputusan di politik dan lembaga publik. Termasuk di pemerintahan dan parlemen, sebagai bentuk kesetaraan gender.

“Keterlibatan perempuan akan membawa proses yang lebih inklusif dalam pengambilan keputusan kebijakan publik. Kita juga tidak boleh mengabaikan peran perempuan untuk pembangunan global dan regional termasuk di Asia-Pasifik,” kata Puan, saat menghadiri the 30th Annual Congress of the Asia-Pacific Parliamentary Forum (APPF 30) di Thailand, Rabu 26 Oktober 2022.

Menurut Puan, perempuan harus menjadi agen perubahan di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, sebagai upaya untuk memperkuat ketahanan perempuan agar dapat bertahan menghadapi krisis di masa depan.

Agar dapat menghadapi krisis di masa depan, Puan menyarankan meningkatkan kapasitas perempuan melalui pendidikan di setiap tingkatan. Selain itu memajukan infrastruktur digital yang adil dan bagi perempuan juga sangat pentung untuk mengurangi kesenjangan digital.

“Kita juga harus menyediakan lebih banyak akses keuangan untuk wirausaha perempuan dan usaha kecil dan menengah,” kata Puan menjelaskan.

Selain itu ia mendorong perempuan lebih terlibat dalam menyelesaikan berbagai tantangan global.sinpo

Komentar: