Jokowi Resmi Lantik Johanis Tanak Sebagai Wakil Ketua KPK Baru

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 28 Oktober 2022 | 11:39 WIB
Presiden Joko Widodo saat melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua KPK/ Istimewa
Presiden Joko Widodo saat melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua KPK/ Istimewa

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua merangkap pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 28 Oktober 2022.

Johanis Tanak sebelumnya disetujui DPR RI menggantikan Lili Pintaulia Siregar yang mengundurkan diri dari kursi Wakil Ketua lembaga antirasuah.

Jajaran Pimpinan KPK hadir mengikuti prosesi pelantikan, diantaranya Ketua KPK Firli Bahuri, dua Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dan Alexander Marwata serta Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa.

Tiga anggota Dewan Pengawas atau Dewas KPK juga turut hadiri pada pelantikan tersebut, diantaranya Samsudin Haris, Albertina Ho dan Harjono. Selain itu, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanudin juga hadir dalam pelantikan tersebut.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menggelar voting untuk memilih calon pengganti Lili Pintauli Siregar. Calon pimpinan yang dipilih adalah Johanis Tanak dan I Nyoman Wara. 

Dari 53 anggota dewan yang terlibat pemilihan tersebut, Johanis mendapatkan 38 suara. Sementara, I Nyoman mendapatkan 14 suara.

Seperti diketahui, kursi wakil ketua KPK kosong setelah Lili Pintaulia Siregar mengundurkan diri sesaat sebelum menjalani sidang etik karena diduga menerima gratifikasi dari Pertamina. 

Gratifikasi itu berupa fasilitas mewah menonton ajang balap Moto GP di Lombok dan fasilitas menginap di hotel mewah pada Maret lalu.

Foto: Jokowi lantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua di Istana Merdeka

 

 

 sinpo

Komentar: