Ratusan Nyawa Melayang dalam Tragedi Pesta Halloween Itaewon

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:07 WIB
Halloween Itaewon/Getty Images
Halloween Itaewon/Getty Images

SinPo.id -  Sedikitnya 149 orang tewas dan 150 lainnya terluka saat kerumunan orang berdesakan di gang sempit dalam perayaan pesta Halloween, di kawasan Itaewon, Korea Selatan.

Dilansir dari The Guardian, seorang pejabat dari Badan Pemadam Kebakaran Nasional, mengatakan puluhan orang dirawat karena cedera, dan jumlah korban tewas kemungkinan bisa bertambah.

Tercatata lebih dari 400 pekerja darurat dan 140 kendaraan dari seluruh negeri, termasuk semua personel yang tersedia di Seoul, dikerahkan untuk merawat korban yang terluka.

Sementara pemerintah metropolitan Seoul mengeluarkan pesan teks darurat yang mendesak orang-orang di daerah itu untuk segera kembali ke rumah.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-Yeol, juga menginstruksikan kementerian kesehatan untuk segera mengerahkan tim bantuan medis bencana dan menyiapkan tempat tidur di rumah sakit terdekat untuk merawat korban yang terluka.

Menurut laporan dari media lokal, terdapat sekitar 100.000 orang yang memenuhi jalan-jalan di Itaewon untuk merayakan Halloween. Jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan perayaan sebelum pandemi Covid-19.

"Kalian mungkin akan melihat kerumunan besar saat Natal dan saat perayaan kembang api, tapi kerumunan ini beberapa kali lipat lebih besar dari semua itu," kata seorang saksi mata.

Selain itu, berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, ratusan orang terlihat memadati gang sempit. Mereka terjebak dan terjepit selama satu jam hingga tak bisa bergerak sampai petugas darurat dan polisi datang untuk mengeluarkan mereka.

Tak hanya penduduk lokal, sejumlah turis asing yang datang dalam perayaan tersebut juga turut menjadi korban dan dipindahkan ke rumah sakit terdekat.
sinpo

Komentar: