Jokowi Dukung Pak Bowo, Pengamat: Ini Tambahan Amunisi Pilpres 2024

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 03 November 2022 | 09:21 WIB
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi di pameran Inhan 2022/Istimewa
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi di pameran Inhan 2022/Istimewa

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku dirinya mendukung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Bahkan, presiden 2 periode itu menegaskan dirinya sudah mengizinkan Prabowo nyapres sejak awal.

Jokowi mengatakan hal itu ketika ditanya perihal Prabowo yang selama ini selalu memberikan pujian kepada Jokowi terkait penanganan pandemi dan urusan lainnya.

Terkait pernyataan tersebut, pengamat politik Arif Nurul Imam mengatakan bahwa restu Jokowi ini merupakan peluang bagi Prabowo.

"Saya kira diizinkan Prabowo diijinkan Nyapres oleh Jokowi tentu sebuah peluang bagi Prabowo. Apalagi selain diijinkan jika misalnya didukung menjadi tambahan amunisi politik untuk maju Pilpres 2024," ujar Arif saat dikonfirmasi SinPo.id, Rabu, 3 November 2022.

Arif menyebut bahwa Prabowo juga mendapat respon positif yang baik dari publik, sehingga hal ini sangat mendongkrak elektabilitasnya.

"Saya kira bagus terbukti dari apresiasi publik dan elektabilitasnya yang tinggi," kata Arif.

Sebelumnya diberitakan bahwa pada Jumat 28 Oktober 2022 lalu, Prabowo semlat menghadap Jokowi di Istana Negara.

Ketum Partai Gerindra itu, melaporkan hasil lawatannya ke sejumlah negara terhadap Jokowi. Meskipun tidak diungkapkan, tentu pertemuan itu tak lepas dari rencana Prabowo yang ingin maju kembali sebagai capres di 2024.

Kemudian, saat Presiden Jokowi diundang Prabowo menghadiri Indo Defence Expo and Forum 2022 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jokowi menjawab soal itu. Kata Jokowi, sejak awal dirinya telah mendukung Prabowo.

"Sudah sejak awal, kok restu-restu? Sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau (Prabowo)," kata Jokowi usai acara.sinpo

Komentar: