Citra Nasional Network Rilis Survei Pilpres 2024, Ini Hasilnya

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 05 November 2022 | 01:35 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024/Radar Mukomuko
Ilustrasi Pemilu 2024/Radar Mukomuko

SinPo.id -  Lembaga Penelitian Citra Nasional Network (CNN) merilis hasil survei mereka soal arah pilihan pelaku usaha dalam pemilu presiden 2024 mendatang.

Koordinator CNN, Muhammad Dandy mengatakan sample penelitian dilakukan berlatar belakang pelaku usaha dari populasi pelaku usaha di tanah air dan  sudah memiliki hak pilih pada pemilu 2024.

Survei ini dimulai sejak 14 hingga 27 Oktober 2022 dengan penelitian dilakukan menggunakan 2.200 responden yang tersebar di 34 Provinsi

Adapun hasil survei ini memiliki Margin of Error sebesar -/+2,09 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Hasil survei menemukan jika pemilihan presiden digelar hari ini, maka nama Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto paling banyak dipilih oleh pelaku usaha Indonesia," ujar Dandy dalam keterangan persnya pada Jumat, 4 November 2022.

Adapun alasan kenapa nama Airlangga yang dipilih, karena hasil kerjanya yang dianggap mampu menelurkan kebijakan yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Selain itu, survei ini berdasarkan sentimen dari pelaku usaha terhadap situasi ekonomi secara umum, serta kondisi finansial dan rencana pertumbuhan pada tahun 2023 walaupun perekonomian global pada tahun 2023 akan memasuki fase kegelapan.

"Dari hasil penelitian ini menemukan bahwa pelaku usaha di Indonesia optimis akan prospek pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2023 yang berdampak positif terhadap usaha mereka, dimana 70,4 persen optimis dan sebanyak 22,9 persen pelaku usaha pesimis terhadap kondisi ekonomi nasional dan global akan berdampak positif  bagi usaha mereka sedangkan sebanyak 6,7 persen pelaku usaha tidak memberikan jawaban, "kata Dandy.

Menanggapi hasil survei tersebut, Pengamat Politik Universitas Esa Unggul, Syurya Muhammad Nur menilai bahwa Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto memiliki peluang untuk mendapatkan dukungan dari pengusaha Indonesia.

"Saya setuju kalau survei CNN itu mengunggulkan Airlangga Hartarto dengan para pengusaha Indonesia, apalagi Airlangga sebagai Menko perekonomian saat ini dan kinerjanya, " kata Syurya Muhammad Nur, kepada wartawan.

Syurya menilai peluang Airlangga mendapatkan dukungan dari pedagang  UMKM dan pengusaha Indonesia bukti bahwa Airlangga dekat dengan pengusaha dan telah memberikan kemudahan dalam perekonomian seperti kebijakannya meski sempat ada persoalan terkait harga minyak goreng.

"Saat ini Airlangga harus bekerja keras lagi kepada masyarakat untuk tetap terus mendapat dukungan dari masyarakat dan pengusaha Indonesia," ucap dia.sinpo

Komentar: