Peringati Tragedi Itaewon, Ribuan warga Seoul nyalakan Lilin di Pusat Kota

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 06 November 2022 | 07:59 WIB
Ribuan warga Seoul menyalakan lilin di pusat kota untuk memperingati tragedi pesta Halloween paling mematikan di Itaewon. (SinPo.id/Reuters)
Ribuan warga Seoul menyalakan lilin di pusat kota untuk memperingati tragedi pesta Halloween paling mematikan di Itaewon. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Ribuan warga Seoul menyalakan lilin di pusat kota untuk memperingati tragedi pesta Halloween paling mematikan di Itaewon yang menewaskan 156 orang. Aksi menyalakan lilin sekaligus sebagai protes atas persitiwa itu. Dilansir dari Al Jazeera, mereka yang turun ke jalan merupakan masyarakat sipil yang berkaitan dengan partai oposisi utama Korea Selatan, yang menuduh pemerintah Presiden Yoon Suk-yeol tidak bertanggung jawab atas bencana tersebut.

Bahkan dari beberapa foto yang beredar, para pengunjuk rasa yang marah terlihat membawa lilin yang menyala sambil memegang tanda yang bertuliskan, "Mundur, Yoon Suk-yeol".

Sementara di Itaewon, di pintu keluar kereta bawah tanah dekat gang tempat lokasi kejadian, terdapat lautan bunga dan catatan dari para pelayat yang juga meninggalkan cokelat, bir, soju, hingga susu stroberi. Aksi unjuk rasa serupa juga diselenggarakan di sejumlah kota lainnya di Korea Selatan, termasuk Busan dan Gwangju.

Menanggapi aksi masyarakat tersebut, Presiden Yeol, bersama dengan para pejabat lainnya, termasuk jajaran menteri dan kepala polisi nasional Korea Selatan, langsung menyampaikan permintaan maaf atas bencana tersebut.sinpo

Komentar: