Indonesia Berpotensi Menjadi Pasar Bagi Korsel

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 06 November 2022 | 14:44 WIB
Ilustrasi SinPo.id/USC Center)
Ilustrasi SinPo.id/USC Center)

SinPo.id -  Indonesia memiliki potensi menjadi pasar dunia bagi Korea Selatan (Korsel). Pengaruh Korea Selatan terhadap Indonesia begitu cepat akibat adanya Korean Wave seperti K-Drama, K-Pop, hingga makanan Korean Food yang semakin populer di Indonesia.

"Indonesia sendiri penikmat K-Drama kedua terbesar di dunia, setelah Korea sendiri. Ini kan pasar dunia,” kata Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto dalam pernyataan resmi, Minggu 6 November 2022.

Menurut Gandi, Indonesia harus memanfaatkan kondisi tersebut, karena selain di bidang ekonomi, kerja sama di bidang pendidikan juga perlu ditingkatkan, sehingga kemungkinan adanya transfer teknologi semakin besar.

"Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan baru hanya sekitar 1.700 orang, padahal mahasiswa dari ASEAN di Korsel ada sekitar 72 ribu," kata Gandi mengungkapkan.

Selain sjeumlah fakta itu, Indonesia dan Korea Selatan saling membutuhkan. Di antaranya kemajuan ekonomi Korsel membutuhkan pasar Indonesia, sementara Indonesia membutuhkan transfer teknologi.

 sinpo

Komentar: