Kepemimpinan Indonesia dalam G20 Dorong Pemulihan Ekonomi Tanah Air

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 08 November 2022 | 20:05 WIB
Anggota Komisi XI Puteri Komarudin/ dok. Pribadi
Anggota Komisi XI Puteri Komarudin/ dok. Pribadi

SinPo.id - Kepemimpinan Indonesia dalam Presidensi G20 selama setahun ini, dianggap memberikan banyak manfaat untuk mendorong proses pemulihan ekonomi tanah air.

Menurut anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Komarudin, KTT G20 juga memiliki peran untuk meningkatkan pengaruh Indonesia dalam penentuan arah kebijakan pemulihan ekonomi global.

"Misalnya, kontribusi pada PDB Indonesia diproyeksikan mencapai Rp7,4 triliun. Konsumsi domestik juga diperkirakan meningkat hingga Rp1,7 triliun," kata Puteri, melalui keterangan tertulisnya, Selasa 8 November 2022.

Sementara dari sisi pariwisata, kata Puteri, peningkatan wisatawan luar negeri mencapai hingga 3,6 juta orang. Bahkan, membuka 700 ribu lapangan kerja.

“Melalui presidensi ini, Indonesia akan memimpin diskusi-diskusi tingkat tinggi di dua jalur kebijakan, yaitu Finance Track dan Sherpa Track. Jadi, tidak hanya isu di bidang keuangan dan ekonomi, tetapi juga isu strategis lainnya seperti ekonomi digital, lapangan pekerjaan, lingkungan, pemberdayaan perempuan, hingga kesehatan," ungkapnya.

Oleh karena itu, politisi Partai Golkar ini menegaskan Indonesia harus mampu membuktikan bahwa negara berkembang juga dapat mempengaruhi kebijakan yang diambil G20, dan menjembatani kepentingan negara berkembang.

"Leader’s Declaration nanti juga saya harap selain bernilai normatif, tapi juga dapat dilaksanakan dan terukur. Agar memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat luas,” katanya menambahkan.sinpo

Komentar: