Indonesia Mulai Produksi Baterai Mobil Listrik pada 2024

Laporan: Sinpo
Kamis, 10 November 2022 | 03:58 WIB
Ilustrasi stasiun penukatan baerai untuk motor listrik/Net
Ilustrasi stasiun penukatan baerai untuk motor listrik/Net

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan proses produksi baterai mobil listrik bakal dimulai pada kuartal II/2024. Menurut Luhut, produksi baterai mobil listrik atau electric vehicle (EV) tersebut akan menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan. Antara lain, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. [CATL], LG Energy Solution, maupun industri lain.

"Saya sudah bilang 2024 pada kuartal dua atau tiga kita akan produksi baterai kita sendiri," tuturnya, di Nusa Dua, Bali, pada Rabu 9 November 2022. 

Proses produksi baterai mobil listrik di Indonesia seiring dengan besarnya potensi Indonesia yang menjadi rantai pasok baterai kendaraan listrik global. Selain itu, Kementerian BUMN memastikan Indonesia berpotensi menjadi rantai pasokan baterai kendaraan listrik secara global.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menerangkan Indonesia dapat menjadi rantai pasokan baterai kendaraan listrik lantaran mempunyai cadangan nikel terbesar di dunia.sinpo

Komentar: