PGRI : IKN Nusantara Tingkatkan Taraf Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 10 November 2022 | 14:47 WIB
Ilustrasi IKN (SinPo.id/Setkab)
Ilustrasi IKN (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id -  Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kutai Kartanegara, Yonathan Palinggi mengatakan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara meningkatkan taraf pendidikan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Yonathan  mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodoyang telah memilih Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai IKN.

"PGRI Kukar mengapresiasi positif dan berterima kasih sekali kepada Presiden Jokowi yang telah memilih wilayah Kaltim khususnya Kabupaten PPU dan Kabupaten Kukar sebagai kawasan IKN Nusantara," kata Yonathan, Kamis, 10 November 2022.

Dalam pernyataanya Yonathan menyebut konsep pembangunan IKN adalah Indonesia sentris untuk memberikan dampak nyata terhadap pemerataan pembangunan di berbagai pelosok wilayah Tanah Air.

Dengan begitu, kata Yonathan, pembangunan dan angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya terpusat di Pulau Jawa. Dia yakin IKN akan membuka kesempatan emas kepada wilayah Kaltim untuk bisa lebih maju setara dengan daerah di Jawa.

"Khususnya, di bidang pendidikan maupun kesejahteraan ekonomi," kata Yonathan menambahkan.

Ia berharap besar pemerintah pusat dan seluruh ototitas terkait bisa memperhatikan bidang pendidikan agar nantinya Sumber Daya Manusia (SDM) yang lahir dari IKN mampu bersaing dengan SDM luar wilayah mereka.

PGRI Kukar telah sudah menyiapkan sekolah bertaraf internasional dari tingkat SD, SMP, SMU, dan Universitas di Jonggon, Kecamatan Loakulu, Kabupaten Kukar yang masuk kawasan IKN. Keberadaan sekolah penopang bidang pengembangan SDM sebagai kunci pembangunan lembaga pendidikan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali berbicara soal target pembangunan IKN Nusantara sebagai kota modern. Dia meyakini hal ini akan menjadi semangat bagi semua masyarakat Indonesia untuk mewujudkannya. Namun, seluruh masyarakat harus bergotong royong dalam pembangunan IKN.

Dia menyampaikan pembangunan IKN merupakan agenda besar pemerintah yang dilakukan untuk kemajuan negara dan bangsa. Selain itu, Presiden Jokowi meminta pembangunan IKN tidak perlu diragukan lagi.

Menurut dia, pemindahan ibu kota negara ke IKN Kalimantan Timur sudah memiliki payung hukum jelas melalui UU IKN yang telah disetujui oleh DPR.sinpo

Komentar: