Berkunjung di Korsel, Puan Beri Penghormatan untuk Para Korban Petaka Itaewon

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 10 November 2022 | 15:15 WIB
Puan Maharani saat penghormatan korban petaka Itaewon (SinPo.id/ Ist)
Puan Maharani saat penghormatan korban petaka Itaewon (SinPo.id/ Ist)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, memberikan penghormatan korban petaka Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Penghormatan para korban itu dilakukan dengan meletakkan karangan bungan dan memanjatkan doa di lokasi memorial yang berada di ujung jalan tempat lokasi kejadian.

"Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi," tulis Puan dalam ucapan duka cita yang di buku tamu yang disediakan di Memorial Korban Tragedi Itaewon, Kamis 10 November 2022.

Setelah meletakkan karangan bunga, Puan bersama Megawati menyusuri jalan di kawasan Itaewon dan mendatangi gang yang menjadi titik pusat peristiwa Halloween memilukan pada 29 Oktober 2022 lalu.

Menurut Puan, Tragedi Itaewon menjadi pelajaran berharga bagi para penyelenggara acara yang melibatkan massa. Khususnya Indonesia yang beberapa waktu lalu juga mengalami hal serupa dalam tragedi stadion Kanjuruhan.

Ia mengimbau para penyelenggara acara menggunakan standar operasional keamanan dalam setiap kegiatan yang mengundang kerumunan publik, agar euphoria publik dapat dikendalikan.

"Hal ini menunjukkan perlunya kita semua memperkuat manajemen pengendalian massa pasca pandemi. Dan diperlukan langkah preventif untuk mencegah over-capacity suatu tempat," kata politisi partai PDIP tersebut.sinpo

Komentar: