DPR Optimis Ekonomi Indonesia di 2022 Bisa Sentuh 5,4 Persen

Laporan: Sinpo
Senin, 14 November 2022 | 15:10 WIB
Anggota Banggar DPR RI, Mukhtarudin/ Parlementaria
Anggota Banggar DPR RI, Mukhtarudin/ Parlementaria

SinPo.id - Anggota Banggar DPR RI, Mukhtarudin, mengaku optimistis dan yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 dapat menyentuh angka 5,4 persen. Hal ini bukan tanpa alasan, ada sejumlah indikator yang membuat optimis.

Pasalnya, indeks kepercayaan konsumen meningkat ke angka 124,7 dibandingkan pada Juli 2022 lalu. Ditambah kredit perbankan juga tumbuh 10,7 persen, dan neraca dagang surplus selama 28 bulan berturut-turut.

"Intinya kita ingin menumbuhkan optimisme, jangan pesimis. Kita harus hakulyakin ekonomi Indonesia tumbuh lebih tinggi tahun depan meski negara dihadapkan ancaman badai resesi," kata Mukhtarudin, Senin 14 November 2022.

Selain itu, ia juga memaparkan bahwa realisasi pendapatan negara yang terdiri dari pajak, bea cukai, maupun pendapatan negara bukan pajak, mencapai Rp 1.764 triliun atau tumbuh 49 persen.

Oleh karena itu, Mukhtarudin berharap pemerintah, khususnya Kementerian Perekonomian harus memegang kendali dalam menjawab tantangan masa depan melalui penguatan kemitraan dengan sektor swasta dalam mendorong kebijakan politik yang konkret.

 sinpo

Komentar: