Masih Ada Data Bocor, Kominfo Diminta Segera Berkoordinasi dengan Penegak Hukum

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 16 November 2022 | 15:25 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Kominfo segera berkoordinasi dengan penegak hukum terkait masih adanya kebocoran hingga praktik jual beli data pribadi. Sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) harus digencarkan.

"Ya saya pikir hal-hal teknis di lapangan butuh implementasi di lapangan. Dan butuh kerja sama yang baik antara Menkominfo dengan para penegak hukum," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 16 November 2022.

Dasco mengamini pihaknya banyak menerima laporan terkait persoalan ini. Komisi I DPR bahkan tengah mengagendakan rapat untuk membahas masalah-masalah yang terjadi di lapangan tersebut.

"Memang dalam komisi teknis dalam hal ini Komisi I saya dengar ada agenda untuk melakukan pembahasan-pembahasan tentang hal-hal terjadi di lapangan," kata dia.

Dasco mendorong pihak-pihak terkait mengimplementasikan UU PDIP dengan baik. Dia tak ingin masyarakat masih harus khawatir padahal UU PDP sudah disahkan.

"Dengan UU yang baru disahkan perlu sosialisasi lebih jauh, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," kata Dasco.

Kebocoran hingga jual beli data pribadi masih terjadi di lapangan. Padahal, UU PDP telah disahkan.sinpo

Komentar: