PP Gelar Rakornas dan Peringatan Perayaan Hari Lahir ke-63: Koordinasi Muswil dan MPW Jelang Pemilihan Serentak

Laporan: Sinpo
Sabtu, 19 November 2022 | 01:37 WIB
Pemuda Pancasila menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemuda Pancasila dan Perayaan Hari Lahir ke-63(foto:raiky/kemenpora.go.id)
Pemuda Pancasila menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemuda Pancasila dan Perayaan Hari Lahir ke-63(foto:raiky/kemenpora.go.id)

SinPo.id -  Pemuda Pancasila menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemuda Pancasila dan Perayaan Hari Lahir ke-63 Tahun di Lagoon Ballroom The Sultan Hotel, Jakarta, pada Jumat 18 November 2022. 
Acara Rakornas dan Perayaan Hari Lahir ke-63 Pemuda Pancasila itu dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali

"Rakor ini untuk merangkum program hasil Muswil seluruh Indonesia menjadi program nasional, terlebih kita mendekati agenda Pilpres, Pileg dan Pilkada," kata Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) Japto Soelistyo Soerjosoemarno, seperti dilansir laman Kemenpora.go.id 

Rakor PP diadakan dalam rangka mengkoordinasikan program-program hasil Muswil dari seluruh MPW se-Indonesia untuk dirangkum menjadi satu program nasional. Ketum Pemuda Pancasila ini juga menegaskan serta berharap kepada para Majelis Pimpinan Wilayah lebih aktif dan kreatif menghadapi perkembangan zaman.

"Jadi saya harapkan sekarang tidak ada lagi MPW-MPW 'yang tidur', harus ada rutinitas program, karena setiap bulan akan dicek oleh sekretariat. Jika dalam tiga bulan tidak melakukan itu akan kita sanksi. Kita harus memiliki pemimpin yang bertanggungjawab. Rakornas ini selain untuk bersilaturahmi juga menjadi momentum evaluasi program yang telah dilaksanakan. Ormas Pemuda Pancasila harus meningkatkan peran dan fungsinya untuk memantabkan eksistensi dalam lingkungan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," ujarnya.  

Sementara itu, Ketua OC Arsjad Rasjid menyampaikan tema dari Rakornas Pemuda Pancasila 2022 adalah 'Memantapkan Eksistensi Ormas Pemuda Pancasila dalam Mengobarkan Jiwa Pancasila dan Semangat Bhineka Tunggal Ika'.

"Rakornas ini juga dalam rangka mengsinkronisasikan agenda konsolidasi nasional dan merumuskan program prioritas ormas Pemuda Pancasila jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Anggota ormas PP saat ini berjumlah 9 juta. Jumlah ini akan bertambah hingga 10 juta di tahun 2024 mendatang. Jumlah ini tidak cukup jika tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas kader Pemuda Pancasila yang smart," ujarnya. 

Dalam Rakornas selama dua hari ke depan ini dilakukan pula penandatanganan MoU, antara Pemuda Pancasila dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tentang Pemberdayaan UMKM dengan Warung Pancasila.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Umum MPN Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno dan Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid disaksikan Menpora Amali, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Tampak hadir dalam Rakornas ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo selaku Wakil Ketua Umum I MPN Ormas Pemuda Pancasila, Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti selaku Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Jawa Timur dan Sekjen Pemuda Pancasila Arif Rahman serta Wakil Ketua Umum MPN PP Ahmad Ali

Youth of Pancasila,sinpo

Komentar: