BNPB: Kerusakan Infrastruktur akan Diganti Pemerintah

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 22 November 2022 | 13:50 WIB
Gempa bumi Cianjur/BNPB
Gempa bumi Cianjur/BNPB

SinPo.id -  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pemerintah akan terus melakukan pendataan, untuk perbaikan dan pembangunan rumah bagi warga yang terdampak gempa di Cianjur.

"Bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat akan diganti oleh pemerintah, begitu tanggap darurat selesai masuk tahap tehabilitasi dan rekonstruksi," kata Suharyanto, melalui pernyataan tertulis, Selasa 22 November 2022.

Tak hanya rumah, pemerintah juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan infrastruktur yang mengalami kerusakan, termasuk sarana pendidikan, masjid dan madrasah yang rusak.

Lebih lanjut, Suharyanto mengatakan akan membuka jalan dari darat untuk desa yang terisolir dan menyiapkan satu unit helokopter untuk distribusi logistik.

Selain itu, BNPB juga membuka call center yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait penanganan gempa Cianjur.

"Apabila ada masyarkat yang ingin tahu kondisi keluarganya yang terkena gempa, bisa menghubungi  call center 117 untuk BNPB dan nanti akan terhubung pada posko yang didirikani posko di Cianjur, sehingga semua informasi semua berasal dari posko," tutupnya.sinpo

Komentar: