Dewan Pers SinPo

Gempa Cianjur, Presiden Instruksikan Buka Akses Daerah Terisolir

Laporan: Sinpo
Selasa, 22 November 2022 | 17:37 WIB
Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur (SinPo.id /Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur (SinPo.id /Sekretariat Presiden)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi intruksikan agar daerah terisolir akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat bisa segera dibuka. Hal itu disampaikan Persiden  saat menggelar rapat terbatas bersama jajarannya di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur di Taman Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa, 22 November 2022.

"Dahulukan, kalau perlu pakai heli, pakai heli. Kalau tidak bisa pakai darat, pakai heli," ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga menginstruksikan agar jajarannya segera memperbaiki infrastruktur fasilitas umum maupun rumah warga yang terdampak gempa. Upaya tersebut dilakukan setelah keadaan aman dan tenang. "Kemudian kalau sudah tenang, reda, langsung dimulai saja (perbaikan infrastruktur)," kata Jokowi menambahkan.

Berkaitan dengan pasien di rumah sakit, Presiden meminta agar dibangun tenda perawatan darurat supaya bisa menampung para korban. "Kalau untuk darurat, tendanya ditambah saja," katanya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan usai gempa bumi masih ada beberapa daerah yang masih terisolasi sehingga sedang diusahakan dibuka.

"Ada beberapa daerah yang masih terisolasi, kami berusaha buka," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto.

 sinpo

Komentar: