Dewan Pers SinPo

Musim Dingin Datang, Ukraina Siapkan Tempat Berlindung untuk Warga

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 23 November 2022 | 15:03 WIB
Musim dingin di Ukraina/Annadolu Agency
Musim dingin di Ukraina/Annadolu Agency

SinPo.id -  Pemerintah Ukraina, berjanji menyediakan tempat perlindungan bagi warga, dengan penghangat dan air yang memadai, untuk menghadapi musim dingin yang keras di tengah serangan Rusia.

"Pusat perlindungan khusus akan didirikan di setiap daerah untuk menyediakan listrik, pemanas, air, internet, koneksi telepon seluler, dan apotek. Gratis dan sepanjang waktu," kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy dalam pidato video, dilansir dari Reuters Rabu 23 November 2022.

Pasalnya, serangan Rusia telah mematikan listrik untuk waktu yang lama, karena menurut operator jaringan listrik nasional Ukraina, kerusakan yang dialami sangat besar, dan berdampak pada 10 juta konsumen.

"Jika serangan besar-besaran Rusia terjadi lagi sudah jelas kekuatan tidak akan pulih selama berjam-jam, maka pusat perlindungan akan beraksi dengan semua layanan utama," ungkap Zelenskiy.

Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, juga mengatakan sekitar 8.500 set generator listrik telah diimpor Ukraina setiap hari. Namun, ia juga memperingatkan pemadaman listrik yang dapat memengaruhi jutaan orang hingga akhir Maret.sinpo

Komentar: