Dewan Pers SinPo

DKI Jakarta Imbau Orang Tua Waspada Wabah Polio

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 23 November 2022 | 15:41 WIB
Ilustrasi ibu dan anak (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi ibu dan anak (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau para orang tua waspada terhadap wabah polio. Imbauan itu disampaikan  terkait DKI Jakarta menjadi sentral mobilitas masyarakat yang cukup tinggi.

"Tentu kita harus tetap waspada (kasus polio) karena Jakarta adalah daerah dengan tingkat mobilitas luar biasa," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, Rabu 23 November 2022.

Widyastuti juga mengimbau orang tua senantiasa membawa anak- anaknya ke layanan pos pelayanan tepadu (Posyandu) atau rumah sakit khusus Balita untuk mendapat vaksinasi suntik polio, guna mencegah wabah polio tersebut.

"Kita terus mencanangkan, mengingatkan, para orang tua memastikan vaksinasi polio sudah terlaksana atau didapatkan putra dan putrinya," kata Widyastuti menambahkan.

Pemerintah telah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) usai ditemukan satu kasus polio di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Peristiwa tersebut menjadi kasus pertama yang ditemukan usai Indonesia dinyatakan bebas polio pada tahun 2014.

"Kita tahun ini satu (kasus) melaporkan dari Aceh. Pada penemuan satu kasus polio itu merupakan suatu KLB," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu.sinpo

Komentar: