Dewan Pers SinPo

PKB: Di mana Politik Identitasnya Pak Anies?

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 23 November 2022 | 17:10 WIB
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid/ Parlementaria
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid/ Parlementaria

SinPo.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mempertanyakan sikap sejumlah pihak yang menyandingkan Anies Baswedan dengan politik identitas. Dia menegaskan rekam jejak Anies bersih dari politik kotor tersebut.

"Di mana politik identitas Pak Anies, di mana rekam jejak politik identitasnya Pak Anies? Saya harus sampaikan itu supaya tidak salah paham," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Meski berseberangan dengan NasDem, kata dia, PKB yakin Anies ogah memainkan isu politik identitas. Baik PKB dan Gerindra menghormati sosok Anies.

"Meskipun kami membangun koalisi dengan Pak Prabowo Subianto (Ketum Gerindra), di mana rekam jejaknya identitasnya Pak Anies," kata dia.

Jazilul meminta semua pihak yang menilai Anies berkaitan dengan politik identitas untuk kembali melihat rekam jejak eks Gubernur DKI Jakarta tersebut. Menurut dia, Anies selalu mengedepankan kesatuan selama memimpin Ibu Kota.

"Lihat aja ketika menjadi gubernur, ketika menjadi aktivis, enggak ada. Itu semua menurut saya sedang dibuat semacam pembusukan kepada Pak Anies," ujarnya.

Dia menilai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tak menggunakan politik identitas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 berlaku untuk semua kontestan. Ditegaskannya, instruksi itu tidak ditujukan pada salah satu kontestan.

"Kami tidak akan menuduh kelompok lain menggunakan itu, karena itu akan membuat suasana politiknya semakin panas. Kita kan ingin Pemilu ajang riang gembira tidak ada politik identitas, tidak ada penggunaan politisasi agama, tidak ada penggunaan penyelewangan isu lain," tegas dia.sinpo

Komentar: