Dewan Pers SinPo

Marak Lelang Aset Kredit, DPR: Himbara Harus Berpihak ke Rakyat Kecil

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 23 November 2022 | 21:11 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade angkat bicara tentang gencarnya lelang aset kredit bermasalah oleh bank-bank BUMN atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Politisi Partai Gerindra ini menekankan agar perbankan tetap berpihak kepada masyarakat kecil.


Menurutnya, meski lelang menjadi salah satu strategi pemulihan untuk mendorong pendapatan, bank-bank BUMN diminta untuk tetap memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada UMKM yang kreditnya bermasalah akibat pandemi.

"Untuk UMKM yang kesulitan dalam mengembalikan KUR harus diberikan kesempatan. Masa konglomerat aja bisa, masa UMKM tidak. Ini kan soal keberpihakan terhadap masyarakat kecil," kata Andre, saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 23 November 2022.

Ia juga mengatakan akan mengingatkan bank-bank BUMN atau Himbara untuk memberikan waktu kepada UMKM yang mengalami kredit macet, sampai usaha mereka kembali pulih.

Pasalnya, pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR), bertujuan untuk membantu UMKM agar tumbuh dan berkembang. Terlebih pemerintah memiliki program untuk selalu melakukan restrukturisasi di perbankan.

"Jadi, saya rasa tidak ada salahnya bank-bank BUMN itu membantu masyarakat kecil yang mengalami kredit macet, memberikan waktu agar jangan dilelang dulu, sambil menunggu mereka pulih dan bangkit kembali," kata Andre.sinpo

Komentar: