Dewan Pers SinPo

Kunjungi Banten, Laksamana Yudo Mendapat Kehormatan Menjadi Dulur Badui

Laporan: Sinpo
Kamis, 24 November 2022 | 18:04 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Ist)
Ilustrasi (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mendapat kehormatan diangkat sebagai Dulur Badui oleh masyarakat adat setempat. Pengangkatan Dulur Badui oleh petinggi TNI AL itu ditandai dengan pemberian piagam, kemben, koja dan bedog khas Badui.

Dalam kesempatan itu Kasal juga memberikan tali asih berupa kebutuhan pangan kepada warga Badui, dilanjutkan penanaman Sorgum bersama dengan PJ. Gubernur Banten serta tokoh masyarakat Jayabaya.

Dalam pernyataanya, Yudo mengatakan pemerintah sangat memahami ancaman krisis pangan sehingga menetapkan kebijakan memperkuat ketahanan pangan. “Salah satu implementasi konkritnya menggalakan program pengembangan dan hilirisasi budidaya sorgum sebagai pengganti gandum,” kata Yudo dalam pernytaan resmi diterima SinPo.id, Kamis 24 November 2022.

Yudo mengatakan kebijakan tanam sorgum diambil untuk mengurangi import gandum nasional dan mendorong produksi bahan pangan domestik.TNI AL berkomitmen nyata dalam kesuksesan program tersebut di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di Provinsi Banten dengan melaksanakan penanaman bersama petani setempat di lahan 50 hektare di Kecamatan Cileles.

“Sebagai bentuk sinergitas TNI AL, rakyat dan seluruh komponen Forkopimda Wilayah Provinsi Banten,” ujar Yudo menjelaskan.

Tak hanya penanaman tanaman pangan, dalam kunjungannya ke Banten Yudo Margono juga mendatangi langsung kegiatan Bakti Kesehatan TNI Angkatan Laut (TNI AL) di Kecamatan Bojongmanik sekaligus meninjau pembangunan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Fatwa yang berlokasi di Lebak Banten.

Kegiatan Bakti Kesehatan itu memberi pelayanan pengobatan gratis, khitanan massal, pelayanan KB, Dapur Sehat Tangani Stunting yang dengan melibatkan personil TNI AL.

Tak hanya itu Kasal mengawali kunjungan kerjanya dengan peletakan batu pertama dan meninjau langsung renovasi gedung sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Fatwa di Lebak Banten. Selain itu Laksamana Yudo juga berkesempatan berinteraksi dengan para siswa dan guru-guru  serta memberikan peralatan sekolah yang disambut sangat antusias oleh para siswa. sinpo

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mendapat kehormatan diangkat sebagai Dulur Badui (SinPo.id/TNI AL)
Komentar: