Dewan Pers SinPo

Hari Guru, Kemenag Tambah 11.200 Kuota PPG

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 25 November 2022 | 15:32 WIB
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id -  Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, mengatakan penambahan kuota pendidikan profesi guru (PPG) melalui jalur pembiayaan LPDP tahun ini sudah mencapai 11.200 kuota.

Hal tersebut, menurutnya, merupakan komitmen dari Kementerian Agama (Kemenag) dalam meningkatkan kompetisi dan kesejahteraan guru dengan terus menambah kuota PPG pada tahun depan.

"Upaya peningkatan kompetisi kami lakukan juga dengan memberi beasiswa pendidikan, serta memberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi para guru," kata Zainut dalam peringatan Hari Guru Nasional, Jumat 25 November 2022.

Dalam hal ini, Kemenag bermitra bersama Bank Dunia dalam peningkatan kompetisi melalui program Madrasah Reform (MEQR), dengan target totalnya menjangkau lebih 300.000 Guru dan Tenaga kependidikan di Seluruh Indonesia.

“Terkait peningkatan kesejahteraan, Kami perjuangkan pemenuhan Tunjangan Profesi Guru (TPG), pemberian insentif guru, pengangkatan P3K penataan dan pendistribusian guru, serta program strategis lainnya," ungkapnya.

Namun kata Zainut, pemenuhan tersebut juga harus dibarengi dengan aspek kualitas guru yang selaras dengan dinamika zaman. Artinya, pengetahuan dan keterampilannya harus ter-update dan dipertajam dengan perkembangan teknologi kontemporer.sinpo

Komentar: