DPR Upayakan Fit and Propert Test Panglima TNI Digelar Minggu Depan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 30 November 2022 | 12:51 WIB
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco/SinPo.id
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco/SinPo.id

SinPo.id -  Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI baru kemungkinan digelar minggu depan. Jadwal fit and proper test baru bisa ditentukan setelah pimpinan DPR menggelar rapim bersama Bamus.

"Mudah-mudahan minggu depan Ketua DPR (Puan Maharani) dan pimpinan yang lain untuk bisa saling menyesuaikan jadwal untuk rapat pimpinan," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Menurut Dasco, ada bebeapa faktor yang membuat uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI belum bisa digelar dalam waktu dekat. Salah satunya, masing-masing pimpinan DPR belum bisa menyesuaikan waktu yang pas untuk menggelar rapim.

“Hasil komunikasi dengan para pimpinan mengenai rapim dan bamus kemungkinan belum minggu ini karena masing-masing masih ada kesibukan yang waktunya belum bisa disesuaikan," ucap dia.

Anggota Komisi III ini memastikan Wakil Rakyat akan menjalankan proses pergantian pucuk pimpinan militer sesuai perundang-undangan. Segala hal khususnya program-program kepemimpinan Yudo ke depan akan dikonfirmasi anggota Komisi I dalam fit and proper test.

"Beberapa hal yang mungkin mau ditanyakan kan bisa nanti dipertegas di fit and proper test dan saya pikir akan dijalankan sesuai mekanisme yang ada dan sampai dengan saat ini kita belum memonitor adanya dinamika-dinamika yang terjadi," kata dia.

Dasco mengajak semua pihak tidak mempersoalkan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hanya menunjuk satu nama calon. Penunjukan nama calon Panglima TNI merupakan hak prerogatif Kepala Negara.

"Saya pikir itu tidak perlu dipermasalahkan karena ini kan kewenangan dari presiden dan yang sudah sudah juga memang satu nama. Jadi saya pikir kalo sekarang satu nama juga tidak perlu dipermasalahkan," tegas Dasco.
sinpo

Komentar: