KPK: Korupsi Penyebab Terjadinya Kemiskinan

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 30 November 2022 | 13:19 WIB
Alexander Marwata/KPK
Alexander Marwata/KPK

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyebut kemiskinan timbul akibat dari perilaku korupsi.

Pasalnya, korupsi menyebabkan pengentasan kemiskinan terhambat, pembangunan terganggu, dan rakyat miskin pada akhirnya paling merasakan dampaknya.

“Kenyataan kita sehari-hari, yang mudah ditemukan dan dirasakan masyarakat kita adalah kemiskinan. Kita masih melihat, layanan kesehatan kita belum begitu baik, melihat angka pendidikan yang masih rendah, fasilitas sekolah banyak yang rusak, infrastruktur juga dibangun dengan kualitas tidak baik. Salah satu penyebab permasalahan itu adalah korupsi,” kata Alex dalam keterangannya, Rabu, 30 November 2022.

Selain itu, Alex juga menyoroti soal Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia yang rendah. Dari 180 negara, kata Alex, Indonesia menempati peringkat ke-96 sebagai negara antikorupsi dengan skor 38.

“Untuk itu, saya mengajak keterlibatan seluruh pihak, baik pemerintah daerah, aparat penegak hukum, BUMN, BUMD, pelaku usaha, dan segenap lapisan masyarakat, sangat penting gelorakan terlibat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi,” ujar Alex.

Alex juga mengingatkan kepada para kepala daerah. Ia meminta agar kepala daerah berkomitmen untuk melakukan tindak pidana korupsi. KPK juga secara rutin terus mengingatkan hal itu ke para kepala daerah.

“Yang paling utama bagi kami, komitmen kepala daerah tidak lakukan korupsi, ini yang harus terus selalu kami ingatkan, kami bangun,” tandasnya.
sinpo

Komentar: