Senayan Sarankan Subsidi Mobil Listrik Esemka

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 05 Desember 2022 | 20:04 WIB
Mobil Esenka (SinPo.id/Ist)
Mobil Esenka (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  Wacana Pemerintah untuk membeli mobil dan motor listrik dinilai tidak realistis mengingat keuangan negara saat ini tengah bermasalah. Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, menyatakan lebih baik pemerintah mensubsidi kendaraan listrik Esemka yang dianggap akan bermanfaat bagi pengembangan industri otomotif dalam negeri.

"Daripada mensubsidi pembelian kendaraan listrik buatan luar negeri, lebih baik Pemerintah mensubsidi pembelian mobil listrik Esemka. Itu barang bagus. Asli karya anak bangsa," kata Mulyanto, Senin 5 Desember 2022.

Ia juga menekankan agar mobil yang dipromosikan langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut tak dilupakan karena masyarakat akan menyambut baik mobil listrik Esemka.

Bahkan saat pertama kali dipromosikan, kata Mulyanto, mobil Esemka sudah dipesan sebanyak 60 ribu unit, dalam kondisi belum jadi. Ia memperkirakan jumlah pesanan akan meningkat tiga sampai empat kali lipat jika disubsidi.

"Saya yakin masyarakat akan menyambut baik usul pemberian subsidi pembelian mobil listrik Esemka ini, dan akan berbondong-bondong memenuhi dealer-dealer penjualan mobil Esemka dimana pun berada," kata Mulyanto menjelaskan.

Subsidi mobil listrik Esemka akan dinilai berdampak baik pertumbuhan ekonomi nasional. sinpo

Komentar: