Luhut: Produsen Mobil Listrik Asal China Masuk ke Pasar RI Pekan Depan

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 13 Januari 2024 | 10:29 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (SinPo.id/ Dok. Menko Marves)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (SinPo.id/ Dok. Menko Marves)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, produsen mobil listrik asal China, Bulild Your Dreams atau BYD akan meluncurkan produk kendaraan listriknya di Indonesia pekan depan.

"Mereka mau tanggal 18 ini launching dan itu akan membawa era baru Indonesia," kata Luhut melalui akun Instagram pribadinya, dikutip Sabtu, 13 Januari 2024.

Luhut mengatakan, kehadiran BYD akan turut meramaikan pasar kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Selain itu, kualitas BYD juga tidak kalah bersaing dengan produsen kendaraan listrik yang sudah ada seperti Tesla.

"Dia sekarang kan sudah melampaui Tesla salesnya ya, kualitas juga tidak kalah dengan Tesla," ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut menyebut kehadiran BYD juga sebagai momentum agar dapat digunakan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

"Hal ini sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi bisnis jangka panjang," papar Luhut.

Dengan kehadiran BYD, kata Luhut, persoalan menyangkut polusi dapat tertanggulangi. Di samping juga mempercepat penggunaan EURO4 dan EURO5 untuk mengurangi polusi.

"Ya kalau polusi tidak ada pangkat dan jabatan semua kena. Subsidi kesehatan itu kan gara-gara ini Rp10 T, kita mau gimana, pilihan emang gak banyak, efisiensi dibuat sana sini maka efisiensi ini sangat penting," tandasnya.sinpo

Komentar: