Dewan Pers SinPo

Musda HIPPI DKI Bawa Harapan Jakarta Jadi Pusat Ekonomi Nasional

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 07 Desember 2022 | 18:06 WIB
Musda HIPPI DKI/SinPo.id
Musda HIPPI DKI/SinPo.id

SinPo.id -  DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta menggelar Musyawarah Daerah (Musda ke IX) pada Rabu 7 Desember 2022, di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat. 

Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta periode 2016-2021, Sarman Simanjorang mengatakan, Musda kali ini membawa harapan sesuai dengan tema yang diangkat, yakni mewujudkan Jakarta sebagai kota bisnis dan ekonomi nasional pasca perpindahan IKN. Dengan harapan kekhususan Jakarta tetap terjaga. 

"Karena kita semua berharap kekhususan Jakarta tetap ada karena selama ini Jakarta sebagai ibu kota juga menyandang gelar lain sebagai pusat bisnis, perdagangan, perputaan uang, pariwisata dan sebagainya," ujar Sarman  di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu 7 Desember 2022. 

Selain itu, kata Sarman, pihaknya juga berharap dalam proses penyempurnaan undang-undang (UU) dalam kekhususan Jakarta, HIPPI nantinya bisa memberi kontribusi, dan pokok pikiran. Sehingga ketika direvisi, Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis nasional dicantumkan.

"Itu menjadi harapan kita sebagaimana kita lihat di berbagai negara, ada pusat pemerintah bisnis dan ekonomi, seperti di Amerika Serikat pusat pemerintahannya Washington DC, tapi pusat bisnisnya di New York. Kita harapkan ibu kota NKRI adalah di IKN, tapi pusat bisnisnya di Jakarta," katanya. 

Sarman juga mengatakan, saat ini Jakarta telah memiliki infrastruktur yang siap karena sudah hampir 99 persen kantor korporasi besar sudah berlokasi di Jakarta. Menurutnya, jika harus pindah lokasi maka akan berpotensi menimbulkan biaya yang tidak sedikit. 

"Jadi biarlah ibu kota tetap pindah, tapi pusat ekonomi dan bisnis tetap di Jakarta. Itu menjadi harapan kita," katanya. 

Dalam Musda tersebut, HIPPI DKI Jakarta juga mengagendakan pemilihan pemimpin baru di mana saat ini terdapat nama Uchi Hardiman sebagai calon yang kemudian akan dipilih oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HIPPI DKI dari lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. 

"Kandidat Ketua HIPPI DKI Jakarta yang sudah mencuat adalah ibu Uchi Hardiman. Sejauh ini beliau memperoleh dukung maksimal, beliau sepertinya akan dapat terpilih secara aklamasi," ucapnya. 

Sementara itu, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali mengatakan, tema yang diangkat dalam Musda ini sangat sejalan dengan Undang Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Ibu Kota Negara. Dimana Jakarta nanti nya tidak lagi memiliki kekhususan sebagai Ibu Kota Negara. 

"Jakarta harus bersiap, semua harus bersiap menyukseskan. Tidak ada pilihan kecuali menyukseskan perpindahan IKN. Jakarta kita harapkan bisa jadi pusat bisnis dan ekonomi nasional," kata Marullah. 
sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER
08