Mendag: Harga dan Stok Bahan Pokok Jelang Nataru Dipastikan Aman

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 09 Desember 2022 | 14:14 WIB
Mendag Zulkifli Hasan/Tim Media
Mendag Zulkifli Hasan/Tim Media

SinPo.id -  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, menyatakan harga dan stok barang kebutuhan pokok (bapok) jelang persiapan Natal dan Tahun Baru, dipastikan aman, usai meninjau ritel modern seperti Hypermart dan Superindo.

"Secara keseluruhan, stok tersedia dan harganya stabil. Oleh karena itu, sekali lagi stok tersedia, harganya stabil. Segala hal kita lakukan agar stok bapok aman," kata Mendag, dikutop Jumat 9 Desember 2022.

Ia mengungkapkan, untuk harga beras di ritel modern masih terbilang stabil, bahkan terdapat beras dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Sementara harga beras Bulog tetap sama, tidak ada perubahan.

Selain itu menurutnya, dilihat dari penurunan inflasi pada bulan November 2022 yang tercatat sebesar 5,42 persen, terdapat harga barang kebutuhan yang mengalami penurunan di pasar, termasuk ayam. Namun, ada juga beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, seperti telur.

"Kenaikan harga telur disebabkan permintaan yang meningkat jelang Natal dan tahun baru. Harga telur naik sedikit karena permintaan naik. Nanti kalau permintaannya biasa lagi, harganya akan turun kembali. Kenaikan ini masih wajar sebesar Rp30.700/kg, tetapi di ritel modern masih Rp27.000/kg," paparnya.

Oleh karena itu, Zulkifli Hasan menegaskan akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok, termasuk berkoordinasi dengan asosiasi pelaku usaha untuk mencari jalan keluar bersama.sinpo

Komentar: